Selasa, 19 Desember 2017

Yuk Belajar Fisika


Fisika merupakan ilmu dasar dari fisik alam semesta yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari kita. Fisika menjelaskan dan menggambarkan peristiwa ilmiah yang terjadi ketika suatu materi berinteraksi dengan materi lain dari partikel sub atomik hingga galaksi di langit. Namun sayangnya, stereotip fisika sebagai salah satu mata pelajaran paling menyeramkan dan menakutkan sehingga sering kali dihindari. Padahal, bila kita memiliki kemauan untuk mempelajari fisika, ternyata fisika menyenangkan dan memberi manfaat sebagai berikut :


1. Melatih berpikir logis
Mempelajari fisika melatih cara berpikir logis dan sistematis karena berdasarkan fakta kehidupan sehati-hari seperti percepatan mobil,gravitasi apel jatuh hingga energi listrik pada laptop. Memahami konsep dan fakta unik fisika membuat kita terbiasa untuk berpikir berdasarkan logika.
2. Mengerti fenomena alam
Fisika juga membantu kita untuk memprediksi kejadian alam yang menjadi penting untuk peradaban umat manusia. Kita akan memahami bagaimana dunia bekerja dari mulai mekanika kuantum, struktur atom hingga astrofisika yang akan membawa manfaat untuk mengerti fenomena alam.
3. Relevan dengan bidang sains lain
Fisika merupakan landasan ilmu untuk perkembangan ilmu lainnya seperti dalam bidang teknik dan kedokteran. Misal mahasiswa kedokteran perlu memahami bagaimana darah dan arus udara dalam tubuh melalui konsep tekanan, kecepatan aliran dan perubahan resistensi terhadap aliran. Bila kamu memahami ilmu fisika, maka akan mudah bagi kamu mengaplikasikan dalam bidang ilmu lainnya.
4. Mengikuti perkembangan teknologi
Kemajuan teknologi seringkali berdasarkan penemuan dalam fisika atau improvisasi dari ilmu dasar fisika. Perkembangan rocket science, nuklir dan sebagainya yang merupakan terapan dari perkembangan ilmu fisika. Memahami ilmu fisika akan memudahkan kita memahami teknologi terbaru.

5. Terlihat pintar dong
Orang yang jago fisika identik dengan orang pintar. Kamu akan mendapat julukan Einstein ketika kamu memahami ilmu fisika. Selain manfaat ilmu pengetahuan, kamu juga akan memiliki rasa bangga lebih, kan.

Tidak ada komentar:
Write komentar